kota plastik






















Malang Art Gathering #2
tanggal 28-30 Juni 2012,
at Dewan Kesenian Malang (DKM), Jl. Majapahit no.3 Malang,

adalah event tahunan yang di persembahkann oleh Marginal Art Comunnity, pada Malang Art Gathering #2 ini mengangkat plastik secara umum dengan tema “KOTA PLASTIK”. Tema yang diambil memang sangat menarik selain problematika yang ditimbulkan oleh plastik itu sendiri, plastik juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu sifat plastik yang lentur (elastis) dan praktis, pada kondisi kekinian plastik sudah menjadi gaya dan kebutuhan bagi seluruh strata sosial juga sama dengan sifat yang ada dalam dunia kesenian. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dunia seni itupun harus bersifat lentur (elastis), dinamis, terbuka terhadap perkembangan dan perubahan, juga menjadi jembatan terhadap perubahan gaya hidup (budaya).
Seperti plastik, seni pun tidak lepas dari perdebatan dan permasalahan di dalamnya yang tidak jarang menjadi unsur ketidakharmonisan antara para pelakunya, dari problematika inilah Malang Art Gathering #2 memadukan plastik dan seni rupa dalam instalasi, lukis, fotografi, musik, teater, tari, performance art sebagai sebuah sajian yang dapat dinikmati oleh siapa saja, sehingga bukan hanya milik seniman dan pelaku dalam dunia seni tetapi secara keseluruhan adalah pesta seni masyarakat yang juga berbasis edukasi.
Dari berbagai keragaman di event ini yang diharapkan muncul adalah kesadaran dan kebijaksanaan serta kreatifitas masyarakat dalam kesenian dan juga gaya hidup dalam menikmati dan menggunakan barang terutama plastik, dengan tanpa harus merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan hidup.

No comments:

Post a Comment